Wednesday, January 9, 2008

Bitterballen

Hari selasa, di toko not much to do, so browsing2 resep baru.. ketemu resep makanan yang biasa gw doyan banget. Temen kopi gw, kalo lagi ngopi :P.. BITTERBALLEN.. yippiee... penasaran, bisa ga bikin sendiri... dicoba deh... tapi bingung di resep ga ditulis.. bisa dapet berapa banyak bitterballennya, jadi beli bahan sesuai bahan.. eeeee ga taunya.. jadinya banyak banget, mana di rumah lagi ga ada orang, cuma ada andi, gw ama my maid.. and 3 dogs of curz :P... bingung deh mau dimakan siapa... untung masih bisa di kulkasin, jadi pagi digoreng lagi... kasih karyawan andi, kasih grooMerku.. semua orang sih bilang enak.. cuma kalo buat gw.. kayanya ada rasa yang kurang.. beda ga seperti yang biasa gw makan... ternyata baru "ngeH".. kalo di cafe2 biasa mereka pake penyedap/MSG.. sedangkan kalo kmrn gw masak.. NO MSG sama sekali.. oooo gituuu tooHhh rahasia cafe :P weks

oiYa, gw post juga resepnya, in case ada yang mau coba...

Bitterballen

Bahan-Bahan :
300 gram daging sapi cincang
75 gram tepung terigu, ayak
500 ml susu cair
2 siung bawang putih, rajang halus
1/2 buah bawang bombay, rajang halus
1 batang daun bawang, rajang halus
1/4 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
50 gram keju cheddar parut
3 sendok makan mentega
2 butir telur ayam, kocok
Tepung roti secukupnya

Cara Mengolah :

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan mentega sampai harum.
2. Masukkan tepung terigu, aduk sampai rata.
3. Tambahkan susu, aduk sampai tepung tercampur rata dengan susu.
4. Tambahkan pala, garam, dan merica.
5. Masukkan daging cincang dan daun bawang. Masak sampai matang.
6. Tambahkan keju, aduk sampai keju agak meleleh. Angkat.
7. Bentuk adonan daging bulat-bulat dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari kelereng.
8. Gulingkan pada telur kocok lalu gulingkan pada tepung roti.
9. Goreng hingga matang.

No comments: